Pelajari Cara Buat Barcode dengan Mudah dengan Microsoft Excel

Tentang Artikel :

Pasti diantara banyak orang bertanya bagaimana cara membuat label code yang selalu mempel di Tag Baju, atau label makanan. kita simak yuk caranya


Wakool.id -  Barcode sekarang  sudah sangat bermanfaat dan sangat diperlukan pada umumnya di fungsikan untuk kode barang penjualan. selain excel membuat barcode dapat menggunakan microsoft word. Barcode sendiri di gunakan hanya menggunakan font barcode saja. Bila kalian ingin download font barcode maka banyak tersebar di internet. Untuk cara membuat barcode yang bisa di scan saya belum mencoba karena kendala alat scan barcode tersebut. untuk memulai cara membuat QR Code di excel maka wajib kamu harus praktek dalam hal ini.
Bila kalian lihat pada produk yang di jual di Toko Baju atau Toko Swalayan anda pasti pernah melihat petugas Toko melakukan scan barcode pada produk penjualan mereka. nah Itu di sebut kode yang di gunakan untuk mendata produk penjualan. Sangat bagus sekali jika kamu sudah sampai belajar membuat barcode ini. Barcode pada umumnya merupakan kode rahasia yang biasa di gunakan untuk menyembuyikan angka maupun text yang di rubah menjadi garis garis.

Bila kita pahami garis garis tersebut mungkin kita akan kebingungan ya. fungsi barcode tersebut buat apa ? dan bagaimana cara membuat nya. Kebayang kayak susah banget. Padahal kalau kamu praktekin itu simple banget cara nya.

Tutorial Cara Membuat Barcode di Excel:

1. Pertama, silahkan anda download terlebih dahulu font Free 3 of 9 Atau IDAHCM39 CODE 39 . Karena biasanya tidak terdapat secara default di laptop / PC anda. Silahkan anda download di internet, anda bisa klik disini. Lalu, pilih “Download” pada font Free 3 of 9. Seperti pada gambar dibawah ini atau bisa klik disini

 

2.Kedua  jika sudah anda download, silahkan anda Extract file tersebut. 

 

 

 

3. Jika sudah kamu download silahkan instal saja. Cara instal nya buka folder rar trus klik 2 kali maka ada tulisan instal.

    Lalu, silahkan anda Copy file font Free 3 of 9 ATAU IDAHCM39 CODE 39 ke “This PC > Local Disk(C:) >Windows > Fonts”

 

4. Nah, maka file font tersebut akan berada bersama jenis font lainnya. Seperti pada gambar dibawah ini.

5. Lalu, silahkan anda cari dan buka Microsoft Excel di laptop / PC anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

6. Lalu, silahkan anda buat tabel yang berisi “Item/Kode dan Barcode” untuk memudahkan melihat hasilnya. Dan silahkan anda isi kode yang anda inginkan. Tapi perlu diperhatikan, ketika anda menuliskan kode angka anda harus mengapitnya menggunakan simbol (*). Seperti pada gambar dibawah ini. Karena jika tidak menggunakan simbol (*), kode tidak akan bisa terbaca.

7. Lalu, silahkan anda pergi ke bagian Barcode untuk menulis rumus. Silahkan anda masukkan =A2. Seperti pada gambar dibawah ini. Anda juga bisa dengan hanya mengklik kotak A2 nya saja.

8. Maka, isi dari kotak barcode akan sama seperti kotak sebelahnya. Seperti pada gambar dibawah ini.

9. Kemudian, silahkan anda blok kotak barcode tersebut dan silahkan anda ganti bentuk font nya menjadi Free 3 of 9 Atau IDAHC39 CODE 39 . Maka, akan muncul hasil kode barcode nya. Seperti pada gambar dibawah ini.

10. Selesai. Kode barcode akan muncul sesuai dengan kode yang dimasukkan.

Latihan excel kali ini saya rasa cukup. Silahkan anda praktekan, ada banyak font yang ada di dalam 1001 font, tinggal pilih saja bila kamu ingin desain tulisan kamu lebih menarik lagi.  Selain micorosoft excel font tersebut juga terintegrasi dengan microsoft word. 

Mudah bukan dalam membuat barcode ini. Mungkin pembelajaran membuat barcode ini terhitung sangat simple sekali. Karena Cuma pengaturan font saja. Tinggal kamu praktekin saja, maka akan beres. Demikian pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar menggunakan microsoft excel. Semoga bermanfaat.terimaksih sudah membaca Cara membuat Barcode di excel dalam sekejab

wkid/ratihpurnama/microsoft


ARTIKEL TERKAIT