Bagaimana Tren Dunia Pemrograman di tahun 2021?

Tentang Artikel :

Tren dalam dunia pemrograman selalu berkembang setiap saat. Khususnya bagi para developer, perkembangan ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu. JetBrains, salah satu perusahaan di bidang software telah mengadakan survey tahunan mengenai ekosistem pemrograman di tahun 2021. Ini merupakan survey kelima yang telah diselenggarakan.


WAKOOL.ID - Tren dalam dunia pemrograman selalu berkembang setiap saat. Khususnya bagi para developer, perkembangan ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu. JetBrains, salah satu perusahaan di bidang software telah mengadakan survey tahunan mengenai ekosistem pemrograman di tahun 2021. Ini merupakan survey kelima yang telah diselenggarakan.

Sebanyak 31.743 developer dari 183 negara ikut serta pada survey ini. Kali ini kami akan merangkum apa saja hal-hal yang menarik dari hasil survey tersebut.

 

Bahasa pemrograman apa yang paling populer?

Dari sekian banyak bahasa pemrograman, saat ini JavaScript menjadi primadona di seluruh dunia. Kurang lebih sebanyak 70% responden adalah pengguna JavaScript.

Selama 5 tahun JavaScript masih stabil di angka 60% - 80% pengguna, diikuti oleh HTML/CSS (walaupun bukan bahasa pemrograman murni).

 

Platform yang paling banyak dikembangkan

Dari seluruh responden, sebanyak 71% developer melakukan pengembangan pada platform web backend. Posisi kedua ditempati oleh platform web frontend, yaitu sebanyak 58% responden.

Platform web menjadi favorit dengan berbagai macam pembaharuannya yang semakin canggih. Didukung oleh teknologi browser yang selalu berkembang. Saat ini Web Assembly masih belum mainstream, walaupun digadang-gadang akan banyak digunakan karena tingkat kecepatannya yang mendekati aplikasi native.

 

Gender pada industri IT

Sejak dahulu industri IT selalu didominasi oleh pria. Namun jika diperhatikan, persentase wanita selalu meningkat pada generasi yang lebih muda. Ini merupakan indikasi dari meningkatnya kesetaraan gender di industri IT.

 

Gaji tahunan tertinggi

Akhir-akhir ini profesi di bidang IT semakin diminati. Banyak hal yang memicu semakin populernya profesi ini. Salah satunya adalah gaji. Dari hasil survey, Amerika Serikat memiliki rata-rata gaji tahunan tertinggi dibanding negara lainnya, yaitu dengan rata-rata penghasilan 102.000 USD per tahun atau sekitar Rp 1,4 miliar per tahun.

 

Penutup

Jumlah responden dari survey ini selalu meningkat setiap tahun. Artinya developer di seluruh dunia semakin antusias dengan perkembangan yang terjadi di dunia pemrograman. Anda bisa melihat hasil survey ini secara lengkap pada link berikut ini. Akhir kata, stay hungry, and stay foolish :)

Semoga bermanfaat. [wkid/JetBrains.com]

 


ARTIKEL TERKAIT