Segudang Manfaat Menulis

Tentang Artikel :

Penulis menjelaskan tentang beberapa manfaat yang positif yang bisa didapatkan dari kegiatan menulis.


WAKOOL.ID - Pada umumnya orang menulis untuk mencatat informasi penting pembelajaran. Tidak hanya itu para ahli kejiwaan juga telah menulis untuk membantu orang sembuh dari stres dan trauma dengan menggunakan catatan harian, jurnal, kuesioner, dan bentuk tulisan lainnya. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi saat ini menjadikan media seperti smartphone, laptop, komputer dan lainnya sebagai pengganti media kertas dengan memberikan manfaat yang sama.

Adapun manfaat-manfaat yang bisa kalian rasakan pada saat menulis:

  1. Menulis sebagai tempat untuk menuangkan ekspresi dengan melegakan perasaan hati dan meningkatkan suasana hati serta  meningkatkan kreativitas. Untuk sebagian orang, menulis merupakan hal terbaik untuk menuangkan segala emosi yang ada di dalam diri setelah lelah berkegiatan seharian. Tidak hanya itu, kreativitas penulis juga berpengaruh dalam penyampaian emosi mereka.
  2. Dapat meredakan kecemasan dan mengurangi kecenderungan terjebak di situasi dan pikiran yang buruk serta memperluas jangkauan perasaan. Dengan menulis, kalian bisa meredakan kecemasan dan mengurangi beban pikiran yang seperti merasa terjebak di dalam suatu situasi tertentu dan juga dapat memperluas perasaan dengan melakukan beberapa kreativitas kata dan kalimat dalam tulisan. Dalam hal kreativitas ini contohnya seperti merangkai kata dan kalimat untuk kepenulisan puisi, cerpen, diary dan lain sebagainya.
  3. Dapat mengasah dan mempertajam kemampuan diri sendiri dalam berbahasa tulis dan dapat melatih ketajaman untuk berkonsentrasi. Menulis juga dapat mengasah dan mempertajam kemampuan diri dalam mengolah kata dan kalimat yang digunakan dalam tulisan sesuai dengan tata kebahasaan yang baik dan benar. Kemudian, menulis juga dapat melatih ketajaman untuk berkonsentrasi. Dalam hal ini contohnya seperti menulis Jurnal, Skripsi, dan lain sebagainya.
  4. Dapat membantu mengasah daya nalar dan daya ingat. Menulis dapat mengasah daya nalar dan daya ingat kalian karena menulis sepenuhnya tidak hanya menggunakan tangan saja tetapi juga menggunakan pikiran untuk membantu kepenulisan dengan mencari ide dan membuat kerangka pemikiran sampai proses penyelesaian penulisan.
  5. Dapat membantu mencapai tujuan hidup yang lebih produktif dan dapat membuat pikiran serta tubuh menjadi lebih baik. Sebuah studi menyebutkan bahwa seorang penulis yang menuliskan resolusi dan planningnya kemungkinan akan memiliki keberhasilan 42% lebih besar dibandingkan yang tidak menuliskannya. Ketika orang menuliskan tujuannya, alam bawah sadarnya akan tergerak untuk selalu mengingatkan akan tujuan yang pernah dibuat.
  6. Dapat menjadi sebuah prestise dan prestasi serta meningkatkan kemampuan untuk memimpin. Menulis bisa mendatangkan prestasi jika kalian melakukannya dengan sungguh-sungguh dengan niat tanpa paksaan. Seperti dalam mengikuti lomba apapun yang berkaitan dengan menulis.
  7. Dapat membuat berbicara lebih lancar dan menjadi media komunikasi terbaik. Kemudian, menulis juga dapat membuat kalian berbicara menjadi lebih lancar dengan adanya penambahan kosa kata akibat penggunaan kata dalam kepenulisan dan menjadi media komunikasi terbaik kepada orang lain.
  8. Dapat mendatangkan kepuasan batin dan membantu kita untuk memaafkan diri sendiri maupun orang lain. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan menuliskan pengalaman traumatis tentang luka di hati yang lengkap dengan detailnya, seperti emosi apa yang dialami dari peristiwa tersebut dan apa yang menghalangi untuk memaafkan orang yang terlibat di dalamnya, ternyata mampu untuk membantu seseorang memproses luka yang dirasakan dan memudahkan membuka hati untuk memaafkan kejadian yang terjadi maupun pelaku yang ada di kejadian tersebut. Tidak perlu susah-susah untuk mulai menulis curahan hati kalian. Karena tidak ada aturan baku dalam penulisan ekspresif, kalian tidak perlu memerhatikan ejaan atau tata bahasa layaknya menulis jurnal.
  9. Dapat menambah pengetahuan dan wawasan seseorang serta memperbanyak teman. Tentu sebelum menulis kita harus meninjau sumber informasi dan sumber referensi yang jelas sehingga membuat wawasan kalian bertambah. Tidak hanya itu, dengan melakukan organisasi atau hal sekelompok yang berhubungan dengan kepenulisan dapat memperbanyak teman dan sahabat.
  10. Dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Beberapa orang yang menuliskan pengalaman traumatis mereka selama 20 menit sehari memiliki waktu tidur yang lebih sehat, yaitu selama 7-8 jam dibanding dengan peserta yang tidak menulis.
  11. Dapat menjadi sumber penghasilan. Menulis bukanlah sebatas tugas dan hobi saja, hal tambahan yang bisa kalian dapatkan adalah mendapatkan penghasilan dari menulis. Profesi yang mendasar yaitu menjadi seorang penulis blogger, content writew, copywriter, UI UX writer, penerjemah, jurnalis, penulis naskah dan lain sebagainya.

Singkatnya, banyak manfaat dari menulis yang bisa kalian rasakan. Tetaplah menulis walaupun rasanya tulisan yang kalian buat belum maksimal. Teruslah berusaha dan tetap mempunyai niat belajar menulis sehingga tulisan kalian mendapatkan banyak manfaat dan keuntungannya.  [wkid/miami.edu]


ARTIKEL TERKAIT