Berbagai Manfaat Berenang Bagi Tubuh

Tentang Artikel :

Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat melatih otot tubuh serta meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori bila dilakukan secara rutin.

Dengarkan



WAKOOL.ID Renang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang dapat melatih otot tubuh dan kekuatan jantung. Selain itu, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Tak heran bila berenang menjadi olahraga yang disarankan untuk menurunkan berat badan, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, masih banyak manfaat berenang yang dapat diperoleh.

Berikut ini manfaat berenang yang dapat Anda peroleh, terutama bila dilakukan secara rutin:

A. Menurunkan berat badan

Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori. Oleh sebab itu, berenang bisa menjadi salah satu pilihan olahraga bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Namun tentunya tetap diimbangi dengan asupan makanan khusus diet.

B. Mengurangi stres

Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat Anda lebih rileks.

C. Meningkatkan kualitas tidur

Jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah untuk berenang agar tidur lebih nyenyak pada malam hari karena sebuah studi yang dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur mereka.

D. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen. Salah satu manfaat berenang  yaitu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru..

E. Membangun massa otot

Berbagai gerakan dalam olahraga renang menuntut hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air. Hal inilah yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. Berenang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuatnya tampak lebih kencang.

F. Meringankan radang sendi

Berenang juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi, sehingga aman dan justru dianjurkan bagi penderita arthritis. Penelitian lain pun menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang berenang secara rutin dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

G. Mengatasi kondisi saraf kejepit

Saraf kejepit dapat menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas dan lebih banyak berbaring di tempat tidur. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini justru akan melemahkan otot dan membuat sendi menegang.

Salah satu cara untuk mengatasi saraf kejepit adalah dengan berenang. Berbagai gerakan dalam renang bisa membuat otot-otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih santai dan rileks.

H. Menguatkan ketahanan otot penderita stroke

Renang menjadi salah satu terapi yang bermanfaat untuk menyembuhkan saraf yang rusak atau mengalami gangguan pada penderita stroke, yakni dengan cara merangsang sel-sel sensorik dan otak, serta menguatkan ketahanan otot. Latihan bisa dimulai dengan menggerakkan tangan, kaki, kemudian seluruh anggota badan.

Dengan demikian, tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

I. Mengendalikan serangan asma

Serangan asma bisa dikendalikan dengan rutin berolahraga, salah satunya berenang. Olahraga air tersebut dapat membantu penderita asma mengontrol tingkat keparahan gejala. Ini karena kelembapan udara yang tinggi di sekitar area kolam renang membuat saluran napas penderita asma menjadi tidak kering, sehingga risiko terjadinya serangan menjadi lebih kecil.

Pastikan Anda memilih kolam renang yang terletak di luar ruangan atau memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda dianjurkan untuk berenang bersama pendamping, agar keselamatan diri bisa lebih terjamin. Tetap ingat untuk mengetahui batasan-batasan diri, dan jangan ragu untuk terlebih dahulu berkonsulasi dengan dokter guna memastikan kondisi kesehatan yang dimiliki.

 

Cara Mendapatkan Manfaat Berenang dengan Maksimal

Berenang memang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Namun, untuk mencegah terjadinya cedera, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan olahraga renang, di antaranya:

  • Gunakan pakaian renang yang nyaman dan pas dengan tubuh.
  • Pakailah kacamata renang, bila perlu, untuk mencegah rasa perih pada mata akibat kandungan klorin di dalam air kolam renang.
  • Lakukan pemanasan sebelum memasuki kolam renang.
  • Sediakan dan konsumsi air minum secara teratur di sela-sela waktu renang.
  • Akhiri sesi berenang dengan pendinginan.

Bila Anda baru mulai belajar renang, jangan terlalu memaksakan diri dengan terlalu lama berenang. Tingkatkan intensitas renang secara perlahan dan lakukan secara rutin setidaknya 3–5 kali per minggu.

Bagi penderita asma dianjurkan untuk menghindari kolam renang yang memiliki kandungan klorin tinggi. Sebab, klorin atau kaporit yang digunakan untuk menjernihkan air dapat menyebabkan penyempitan paru-paru, yang ujung-ujungnya turut memicu terjadinya serangan asma.

Bila Anda memiliki penyakit tertentu dan ragu apakah kondisi tubuh Anda memungkinkan untuk melakukan olahraga renang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari cedera dan manfaat berenang pun dapat Anda peroleh secara maksimal.

 

[wkid/picture: sehatq]

[wkid/alodokter/staffnew.uny/liputan6]