Desain itu Bukan Seni

Tentang Artikel :

Sebagian besar orang menganggap bahwa desain dan seni murni itu adalah hal yang sama. Seorang desainer pastilah jago menggambar dan memiliki cita rasa seni yang tinggi. Kenyataannya, ternyata tidak demikian. Lalu apa bedanya desain dan seni?

Dengarkan



WAKOOL.ID - Desain itu bukan seni, ini bukanlah karangan dari penulis tapi merupakan sebuah kutipan dari seorang desainer Amerika bernama Milton Glaser. Dia telah menghasilkan ratusan poster dan logo seperti logo I Love New York dan logo DC Comics dan merupakan seorang desainer grafis pertama yang memperoleh penghargaan tertinggi dalam bidang seni di Amerika yaitu National Medal of Art.

 

Bagi praktisi desain mungkin sudah memahami konsep ini tapi bagi sebagian besar orang masih menganggap bahwa desain adalah seni dan harus menciptakan sesuatu karya dari sebuah ketiadaan. Bahkan Steve Jobs pun menyatakan hal yang sama bahwa sebuah desain itu bukan apa yang terlihat tapi bagaimana hal tersebut bekerja.

steve jobs quote about design

Steve Jobs, AZQuotes.com

 

Ketika seorang seniman seni murni membuat sebuah karya, dia akan memulainya dari imajinasi dan hasil pikirannya sendiri, misalnya dari sebuah kanvas kosong menjadi sebuah lukisan yang indah berasal dari pemikiran pembuatnya. Berbeda dengan desainer dimana membuat sebuah karya tidak bisa dari kanvas kosong atau sesuatu yang tidak ada sebelumnya. Seorang desainer membuat karyanya dari sebuah karya yang sudah ada sebelumnya dan mengembangkannya agar memiliki fungsi yang bisa digunakan dengan baik. Sebuah karya yang telah ada sebelumnya tidak harus merupakan karya ciptaan manusia, bisa juga merupakan karya ciptaan sang pencipta yang ada di alam. Banyak diantaranya merupakan sebuah karya yang terinspirasi dari binatang misalnya bagaimana sebuah sarang lebah madu menginspirasi desain tiang listrik tegangan tinggi agar bisa efektif dan kuat atau bagaimana sayap kupu-kupu menjadi inspirasi sel tenaga surya yang lebih baik.

sayap kupu-kupu inspirasi tenaga surya

Sayap kupu-kupu sebagai inspirasi sel tenaga surya

 

Jadi fungsi utama desain adalah untuk membuat sebuah karya yang menghasilkan solusi dan mengkomunikasikannya. Solusi disini tidak harus sesuatu yang besar dan megah. Sebuah desain poster yang menampilkan informasi mengenai promo yang ada di Wakool Academy berupa diskon 70% untuk pengguna baru merupakan sebuah solusi bagi orang yang membutuhkan kursus tersebut.  Bergitu pula desain sebuah handphone IPhone terbaru yang selalu dinantikan oleh penggemarnya merupakan sebuah solusi dari apa yang diinginkan oleh pengguna handphone tersebut. Kedua hasil desain tersebut tidak dimulai dari kanvas kosong, keduanya memiliki dasar untuk menciptakan karya berupa informasi yang di dapatkan dari pengguna, rekan divisi lain ataupun ide dari desainer itu sendiri.

 

Dalam prakteknya, desainer itu sendiri bisa dibagi menjadi beberapa pekerjaan yang berbeda, diantaranya desainer grafis, desainer produk, desainer industry, desainer UI/UX dan lain-lain. Tetapi, kembali lagi seperti judul dari artikel ini, masih banyak yang mengira bahwa seorang desainer itu harus ahli menggambar dan memiliki rasa seni yang tinggi. Pada prakteknya, seorang desainer mungkin tidak bisa menggambar garis lurus sepanjang hidupnya dan menganggap baju yang dipakainya adalah karya seni terhebat abad ini. [wkid/wikipedia.org, wakool academy, picture:flickr.com]


ARTIKEL TERKAIT