10 Manfaat Kale untuk Kesehatan Tubuh Kita

Tentang Artikel :

Kale sering disebut "ratu hijau" dan "pembangkit tenaga nutrisi." Termasuk salah satu sayuran berdaun paling populer di luar sana dan kaya akan Manfaat dan Nutrisi

Dengarkan



WAKOOL.ID - Siapa yang disini yang tak kenal dengan Nama Sayuran Kale.Kale adalah sayuran populer dan anggota keluarga kubis.

Ini adalah sayuran silangan seperti kubis, brokoli, kembang kol, collard hijau dan kubis Brussel. Makanan yang dijuluki superfood dan makanan nabati paling bergizi ini memiliki segudang manfaat yang tak perlu diragukan lagi.

 

Kandungan Nutrisi Daun Kale

Manfaat daun kale untuk kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Dalam 70 gram daun kale mentah terdapat sekitar 33 kalori dan beragam nutrisi penting lainnya, meliputi:

  • 6 gram karbohidrat

  • 3,5 gram serat

  • 3 gram protein

  • Hampir 700% dari kebutuhan harian vitamin K

  • Lebih dari 200% dari kebutuhan harian vitamin A

  • Lebih dari 100% dari kebutuhan harian vitamin C

  • Mineral, termasuk kalsium, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor

Tak hanya itu, daun kale juga mengandung asam lemak omega-3, mangan, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), dan niasin (vitamin B3), serta berbagai senyawa antioksidan, seperti beta karoten, flavonoid, dan polifenol. Salah satu jenis flavonoid unik yang ditemukan dalam jumlah besar adalah senyawa quercetin dan kaempferol.

Berikut 10 Manfaat Kale bagi kesehatan Tubuh 

1. Kale sangat bagus untuk pencernaan.

Sebagai sayuran berdaun hijau berserat, kangkung sangat bagus untuk membantu pencernaan dan eliminasi. Jangan membuang batangnya, yang kaya akan sumber prebiotik , yang merupakan makanan bagi mikrobioma Anda . Meskipun keras mentah, ditumis dengan sedikit alpukat atau minyak zaitun dengan sedikit garam laut, mereka menjadi suguhan yang lezat seperti stik roti. 

2. Kale mengandung zat besi yang tinggi. 

Zat besi sangat penting untuk kesehatan yang baik, terutama bagi wanita, karena membantu pembentukan hemoglobin dan enzim, mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh, membantu pertumbuhan sel, fungsi hati yang tepat , dan banyak lagi. Ingin meningkatkan jumlah zat besi kale Anda lebih banyak lagi? Masak dalam wajan besi, dan pasangkan dengan makanan yang kaya vitamin C —ini membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi nabati.

3. Kale mengandung vitamin K yang tinggi. 

Vitamin K1 selalu dikenal sebagai vitamin 'pembekuan' karena membantu menjaga mekanisme pembekuan darah tubuh berfungsi secara sehat. Vitamin K2, di sisi lain, telah terbukti mengaktifkan 17 protein. Misalnya, vitamin K2 mengaktifkan protein yang disebut osteocalcin, yang memastikan bahwa sebanyak mungkin tulang dibangun untuk menggantikan tulang yang rusak. Vitamin K2 juga mendorong protein yang disebut Matrix gla protein (MGP) untuk menjaga arteri tetap sehat dengan mencegah kalsium menempel di dinding," jelas ahli jantung Joel Kahn , MD Ini telah terbukti melindungi terhadap osteoporosis , kanker , dan diabetes .

4. Kale diisi dengan antioksidan kuat. 

Antioksidan menawarkan salah satu elektronnya ke radikal bebas, sehingga menetralkan radikal “oksidan” dan mencegahnya mencuri elektron dari sel kita. Yang terbaik, jaringan pejuang yang kuat ini dapat menghentikan hingga 99 persen radikal bebas dari merusak sel-sel kita. Antioksidan, seperti karotenoid dan flavonoid membantu melindungi terhadap berbagai kanker. Kale mengandung antioksidan tingkat tinggi — namun, antioksidan peka terhadap panas, jadi pastikan juga memasukkan daunnya ke dalam smoothie atau salad untuk mempertahankan fungsi antioksidan dengan baik.

5. Kale adalah makanan anti-inflamasi yang bagus. 

Satu cangkir kangkung diisi dengan 10% dari RDA asam lemak omega-3 , yang memainkan peran penting dalam memerangi peradangan dalam tubuh . Fitokimia yang mengandung belerang dalam kangkung (disebut glukosinolat) juga dapat membantu menjaga respons peradangan normal tubuh .

6. Kale sangat bagus untuk mendukung kardiovaskular.

Satu studi yang menampilkan peserta pria menemukan bahwa makan kangkung secara teratur secara signifikan meningkatkan faktor risiko arteri koroner mereka (kemungkinan sebagian karena sifat anti-inflamasinya). Para peserta membuat jus kale, meskipun Anda juga bisa memasak kale dengan ringan sebelum dikonsumsi jika Anda menderita masalah tiroid .

7. Kale mengandung vitamin A yang tinggi

Vitamin A sangat bagus untuk penglihatan dan kulit Anda Hanya satu cangkir kangkung mengandung 206% kebutuhan vitamin A harian kita !

8. Kale mengandung vitamin C yang tinggi.

"Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan tanda dan kondisi penuaan yang meningkat dengan cepat," kata Taz Bhatia, MD, sebelumnya kepada mbg . "Ditambah lagi, manusia tidak dapat memproduksi vitamin C dalam jumlah besar sendiri. Tanda-tanda defisiensi termasuk mudah memar, kadar zat besi rendah, dan gusi berdarah." Nutrisi penting ini ada berlimpah di kangkung; meskipun vitamin C peka terhadap panas, jadi tumis atau rebus daun hijau untuk mengawetkannya.

9.  Kale tinggi kalsium. 

Per kalori, kangkung memiliki lebih banyak kalsium daripada susu . "Kalsium adalah mineral yang penting untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat dan untuk melakukan sejumlah besar proses tubuh seperti sinyal sel yang terlibat dalam fungsi otot dan saraf dan membantu pembuluh darah mengangkut darah ke seluruh tubuh," jelas Jess Cording, RD

10. Kale meningkatkan kesehatan hati.

Kale dipenuhi dengan serat dan belerang, keduanya bagus untuk mendukung proses detoksifikasi alami tubuh Anda dan menjaga kesehatan hati Anda. Kale adalah bagian dari keluarga sayuran silangan, yang dapat meningkatkan pencernaan yang sehat dan dapat menghilangkan polutan dari aliran darah.

 

Referensi : mindbodygreen.com/


ARTIKEL TERKAIT