5 Manfaat Zucchini Untuk Kesehatan Tubuh

Tentang Artikel :

Zucchini adalah sumber antioksidan dan fitonutrien yang melindungi kesehatan, termasuk vitamin C, beta-karoten, mangan, zeaxanthin, dan lutein. Zeaxanthin dan lutein sangat berguna dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata dengan melawan radikal bebas.


WAKOOL.ID - Zucchini atau zukini adalah sejenis labu yang masih satu keluarga dengan melon dan timun Manfaatnya pun besar sekali dengan kedua buah tersebut karena sering diolah ke dalam masakan daripada dikonsumsi langsung, seperti tomat atau timun.Sekilas bentuk zucchini atau yang kerap disebut terong Italia ini mirip dengan timun, tapi ada juga yang berbentuk bulat atau seperti botol.

Ada beragam manfaat zucchini yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya sebagai sumber penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, hingga manfaat zucchini dalam mencegah timbulnya berbagai penyakit baik ringan maupun penyakit serius.

Manfaat zucchini didapat dari gizinya yang kaya. Satu cangkir atau 223 gram zucchini yang sudah dimasak mengandung:

- 17 kalori

- 1 gram protein

- <1 gram lemak

- 3 gram karbohidrat

- 1 gram gula

- 1 gram serat.

Selain itu, buah panjang berwarna hijau ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, mangan, kalium, magnesium, dan zat gizi lainnya.

Berbagai manfaat zucchini

Hampir semua bagian sayur zucchini dapat dimanfaatkan, baik bagian buah, kulit, dan bijinya. Maka dari itu, sayang jika Anda hanya mengonsumsi buahnya saja. Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari zucchini:

1. Membantu mengurangi berat badan

Manfaat zucchini ternyata baik bagi pejuang diet. Kalori di dalamnya sangat rendah sehingga Anda tak perlu takut timbangan akan naik saat mengonsumsinya.Tak hanya itu, serat yang ada dalam zucchini bagus untuk memperlambat pencernaan makanan. Alhasil, perut Anda akan terbantu untuk cepat kenyang.

2. Menjaga kesehatan mata

Adanya berbagai kandungan vitamin dan beta-karoten dalam zucchini, sangat dipercaya mampu membantu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah timbulnya masalah yang berhubungan dengan penglihatan. Selain itu, kandungan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthins dalam zucchini membantu mencegah masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Menambahkan sayur zucchini ke dalam makanan Anda bisa membantu meningkatkan kesehatan organ jantung. Serat pektin yang ada dalam zucchini diketahui efektif untuk menurunkan kadar kolestrol jahat atau LDL . Seperti yang Anda tahu, kadar LDL yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.Potasium dalam zucchini juga diyakini dapat melebarkan pembuluh darah, yang kemudian membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah tidak terkontrol, efeknya jantung Anda bisa terganggu.

4. Menurunkan kadar gula darah

Ternyata, manfaat zucchini adalah alternatif karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi putih atau pasta.Anda bisa menyerutnya hingga melingkar-lingkar layaknya spaghetti atau mi. Anda tak perlu takut kekurangan karbohidrat karena per cangkirnya zucchini mengandung 3 gram karbohidrat.Menurut berbagai penelitian, pola makan rendah karbohidrat dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Serat dalam zucchini juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin  sehingga kadar gula darah bisa lebih stabil.

5. Baik untuk pencernaan

Tingginya kadar air dalam zucchini membuat buah ini bagus untuk pencernaan. Air dapat membantu melembutkan konsistensi tinja sehingga menurunkan risikokontipasi.Manfaat zucchini yang satu ini memberi makan bakteri-bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri tersebut akan memproduksi asam lemak rantai pendek yang menyehatkan sel-sel usus Anda.

Referensi: Healthline/WD

Picture: Pinterest

 


ARTIKEL TERKAIT