Buat Google Kenal Website Anda

Tentang Artikel :

Ketika mencari sebuah website di pencarian Google, belum tentu website yang kita inginkan muncul disana. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena website tersebut belum terindex oleh Google. Bagaimana caranya agar Google bisa mengenali website kita dan memasukkan informasinya ke dalam Google index?


Wakool.id - Bagi pemilik website tentunya ingin agar websitenya banyak dikunjungi dan memperoleh trafik yang tinggi. Tetapi sebagus apapun website yang kita miliki apabila tidak dikenali oleh mesin pencari seperti Google tentunya akan percuma. Bagi mesin pencari seperti Google, untuk mengenali sebuah website dilakukan sebuah proses crawling dan indexing.

 

Google index adalah database milik Google yang berisi informasi mengenai semua website yang telah diketahui oleh Google. Dari data di Google index inilah pengguna pencarian Google akan menemukan halaman website ketika melakukan pencarian. Tentunya, apabila website Anda tidak terindex oleh Google maka tidak akan muncul ketika dilakukan pencarian di mesin pencarian Google. Kenapa harus mesin pencarian Google? karena 92% pengguna internet sekarang menggunakan Google sebagai mesin pencariannya.

 

Bagaimana Google bisa memperoleh data website dan memasukkannya ke dalam google index tersebut? Google memiliki mesin crawling yang dinamakan Googlebot yang secara otomatis akan menjelajah dunia maya dan membawa kembali data tersebut ke server google. Bagi sebuah website untuk masuk kedalam database google bisa membutuhkan waktu sebulan, seminggu atau mungkin beberapa jam. Cukup lama ya, wajar saja karena ada berapa miliar jumlah halaman website yang perlu dikunjungi oleh Googlebot tersebut.

 

Bagaimana cara membuat proses indexing ini lebih cepat

 

Sebelum membuat proses indexing ini menjadi lebh cepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah website tersebut sudah terindex atau belum. Untuk mengetahuinya cukup mudah, di mesin pencari Google lakukan pencarian dengan menggunakan “site:nama website anda”, contohnya: Site:wakool.id maka akan muncul hasil seperti berikut.

Halaman wakool.id yang telah di index Google ketika dilakukan pencarian dengan Site:wakool.id

 

Jika hasil pencarian menampilkan berbagai informasi mengenai halaman website Anda, maka website Anda berarti sudah di index oleh Google.  Apabila tidak ada hasil dari pencarian tersebut maka website Anda berarti belum di index oleh Google. Kembali lagi mengenai bagaimana cara membuat Google lebih cepat mengindex website kita. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan agar google bisa lebih cepat mengindex website.

 

      1. Tambahkan setiap halaman website kedalam Google search console

Tips pertama ini cukup mudah, kunjungi akun google search console Anda dan klik “URL Inspection” dan masukkan link pada search bar yang tersedia. Tunggu beberapa saat untuk Google melakukan pengecekan, apabila halaman website tersebut belum terindex maka Anda bisa melakukan pengajuan untuk melakukan indexing.

Proses pengajuan index di search console

 

      2. Buat sitemap dan cantumkan dalam search console

Untuk membantu Googlebot memahami website kita, perlu adanya sitemap yang berisi semua halaman yang ingin kita index di Google. Hal ini akan membuat halaman pada website kita lebih mudah ditemukan oleh Googlebot. Ada dua jenis sitemap yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Sitemap yang kita perlukan untuk mempermudah indexing adalah yang sitemap XML. Setelah membuat sitemap XML tersebut, jangan lupa untuk dimasukkan kedalam search console.

 

      3. Pastikan semua tag di HTML sesuai dengan yang dibutuhkan

Tips kali ini mungkin sedikit lebih sulit bagi yang tidak paham apa yang ada di balik sebuah website. Tetapi walaupun tidak harus digunakan apabila dimanfaatkan dengan baik tag html ini bisa meningkatkan kecepatan indexing atau justru membuat halaman website tidak akan di index. Beberapa tag yang sering digunakan adalah:

  • Tag Judul dan Deskripsi

Google tidak selalu menggunakan apa yang ada dalam kedua tag ini ketika menampilkan hasil search tetapi tempat pertama yang akan dicek adalah kedua tag ini.

  • Tag Heading

Penggunaan heading penting untuk memberitahukan mesin pencari mana judul, sub judul dan juga bagian penting dari sebuah halaman website. Dengan adanya heading akan mempermudah Googlebot untuk memahami apa isi dari website tersebut. Pastikan bahwa hanya menggunakan H1 pada judul dan konsisten dalam menggunakan heading ini di halaman website.

  • Tag Noindex

Hati-hati salah dalam menggunakan noindex tag karena apabila ternyata ditempatkan dihalaman yang penting justru membuat halaman tersebut tidak akan di index oleh Google. Lalu apakah perlu menggunakan noindex apabila kita ingin website kita di index oleh Google? Pada beberapa kasus tag ini perlu digunakan. Contohnya adalah ketika kita tidak ingin halaman tertentu untuk muncul di pencarian, maka kita bisa menggunakan tag ini.

  • Tag Canonical

Biasanya halaman dalam sebuah website akan memiliki kemiripan atau benar-benar sama persis dengan URL yang berbeda. Google akan memilih salah satu saja dari halaman ini untuk di index dan menghiraukan halaman yang lain. Dengan menggunakan tag canonical kita bisa memberitahukan kepada mesin pencari halaman mana yang merupakan halaman utamanya.

               

      4. Buat kategori konten

Dengan adanya kategori membuat Googlebot lebih memahami halaman website yang mirip dan menjelajahinya dengan lebih efisien. Selain itu, halaman kategori ini juga membantu pengunjung untuk memahami isi website Anda.

Contoh kategori di wakool.id
 

      5. Bangun link didalam dan diluar website

Link adalah salah satu cara utama Googlebot menjelajah website. Usahakan setiap halaman memiliki link ke halaman lain yang terkait. Apabila Anda telah menambahkan kategori didalam website, maka gunakan internal link untuk menghubungkan halaman dengan kategori yang sama. Internal link ini juga memudahkan pengunjung untuk menjelajah website Anda karena bisa langsung mengunjungi halaman terkait. Tentunya hal ini akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di website Anda dan mengurangi bounce rate. Tetapi ingat, jangan berlebihan dalam membuat internal link dan tentunya halaman yang terhubung harus saling terkait.

 

Link berikutnya yang tidak kalah penting adalah baclink dari website berkualitas. Apa itu backlink? Backlink adalah sebuah link yang terdapat di website lain yang mengarah ke halaman website Anda. Kenapa backlink ini penting? Karena melalui backlink Googlebot bisa lebih cepat menemukan website kita, selain itu pengunjung juga bisa menemukan website kita juga yang bisa meningkatkan trafik. Backlink juga membuat mesin pencari meningkatkan penilaian terhadap sebuah website. Semakin banyak website lain memberikan link kepada website kita maka mesin pencari akan menganggap bahwa website kita lebih berkualitas, tentunya link yang diberikan harus dari website yang berkualitas pula. Untuk website yang berisi informasi seperti wakool.id maka link dari website lain yang mengutip informasi yang ada di wakool.id akan membuat wakool.id menjadi lebih penting bagi mesin pencari. Bagi website lainnya yang tidak memiliki konten informasi seperti misalnya wakool.academy, maka link dari portal berita atau blog bisa menjadi sarana utama mendapatkan backlink yang tepat.

Bentuk iklan di website lain yang menghasilkan backlink untuk Wakool Academy

 

      6. Konten konten konten

Apapun websitenya, hal utama yang dilihat Googlebot dan juga pengunjung adalah isi dari website itu sendiri. Pastikan isi dari website berkualitas dan sesuai dengan apa yang dijanjikan. Apabila kita membuat sebuah judul mengenai strategi marketing maka isinya jangan mengenai cerita kita sedang menikmati kopi di kaki gunung. Semakin sering dan berkualitas kita membuat konten maka website kita akan semakin berkualitas dimata Google dan akan lebih cepat diindex. Untuk mempercepat indexing konten baru yang kita buat, bisa gunakan internal link di konten lama yang ratingnya bagus, misalnya artikel ini. Begitu juga sebaliknya, kita bisa tambahkan link di konten baru untuk mengangkat konten lama yang terkait, misalnya artikel ini.

 

Beberapa tips yang telah disebutkan diatas akan membantu website Anda lebih cepat berkenalan dengan Google. Tidak perlu menjalankan semuanya terutama apabila Anda tidak paham mengenai HTML, jalankan apa yang bisa dikerjakan dan optimalkan isi dari website Anda. Pastikan tampilannya nyaman dilihat dan tidak ada typo atau salah informasi. Bagaimanapun juga, website yang Anda bangun ditujukan untuk dikunjungi oleh manusia, bukan hanya Googlebot saja. Apabila pengunjung tidak nyaman atau merasa informasi yang disajikan tidak berguna maka kemungkinan mereka kembali lagi kecil. [wkid/semrush.comsocialmediatoday.comwhello.id, picture: pixabay.com]

 


ARTIKEL TERKAIT