Apa itu Single Page Application?

Tentang Artikel :

Sudah tahukah kamu apa itu single page application? Aplikasi web yang sering kamu gunakan seperti Gmail, Instagram, dan Twitter sudah menerapkan single page application. Yuk kita bahas mengenai salah satu teknik pengembangan aplikasi ini.


WAKOOL.ID - Sudah pernah mendengar istilah SPA? SPA merupakan singkatan dari Single Page Application. SPA merupakan salah satu teknik dalam membuat aplikasi berbasis web. Sebelum teknologi browser mumpuni seperti saat ini, teknik yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web yaitu MPA atau multiple page application. Dari arti katanya kita pasti bisa menerka definisi kedua teknik tersebut. Multiple page apps membangun aplikasi dengan lebih dari satu halaman, sedangkan single page apps membangun aplikasi dengan hanya satu halaman.

Lho? Kok hanya dengan satu halaman, bisa membangun aplikasi web? 

Pada teknik single page application, aplikasi dibangun dengan satu halaman HTML dan memanfaatkan JavaScript untuk memanipulasi halaman, sehingga halaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi. JavaScript berjalan pada browser yang kita gunakan, kita bisa menyebutnya sebagai client side atau front-end. Untuk memanipulasi halaman HTML, kita membutuhkan bantuan JavaScript.

Pada awal era pengembangan web, JavaScript hanya digunakan untuk interaksi sederhana antara user dan browser, misalnya mengisi form, klik tombol, dan seterusnya. Seiring berkembangnya teknologi browser dan JavaScript, saat ini teknik routing halaman dapat dilakukan pada front-end. Apakah kamu sudah familiar dengan istilah routing? Routing pada pengembangan web menentukan halaman yang dituju saat user mengakses url tertentu pada browser.

Kita bisa membangun code routing menggunakan JavaScript dari awal sampai berfungsi, namun tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini cukup rumit. Di luar sana ada banyak framework yang dibuat khusus oleh para developer untuk membantu dalam mengembangkan aplikasi dengan teknik SPA. Biasanya, framework ini menggunakan bahasa pemrograman JavaScript sebagai pondasinya. Jadi, kita harus mempunyai pemahaman dasar JavaScript sebelum menggunakan framework tersebut.

Apa saja framework yang memanfaatkan teknik SPA?

Simak artikel 3 Framework Front-end yang Wajib Kamu Ketahui.

Apa sih kelebihan teknik Single Page Application?

SPA dapat meningkatkan efisiensi dalam pengembangan aplikasi. Ada beberapa keuntungan yang diperoleh saat menerapkan teknik ini, contohnya sebagai berikut:

  • Loading aplikasi lebih cepat
  • Aplikasi bisa dibangun lebih fleksibel
  • Meningkatkan pengalaman user atau user experience
  • Pengembangan aplikasi cenderung lebih cepat

Selain kelebihan di atas, SPA juga memberikan konsekuensi atau kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari SPA:

  • Tidak ramah SEO
  • Data yang di download ke browser cenderung besar
  • Kendala versi browser

Walaupun teknik single page application memiliki banyak kelebihan, kita tidak bisa menjadikan teknik ini sebagai pedoman utama dalam pengembangan aplikasi web. Jika kita membangun aplikasi web yang akan diadaptasi ke sebuah aplikasi mobile, maka SPA bisa digunakan. Misalnya mengadaptasi aplikasi React.js menjadi aplikasi React Native yang berjalan pada mobile.

Adapun kasus lain, misalnya aplikasi yang akan kita buat merupakan sebuah marketplace, sebaiknya kita menggunakan teknik MPA atau multiple page application. Sehingga kita bisa menerapkan SEO pada aplikasi tersebut, dan aplikasi dapat ditemukan dengan mudah oleh mesin pencarian seperti Google.

Pengembangan aplikasi web menggunakan framework SPA memang jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan MPA. Saat ini sudah banyak framework yang mengadaptasi framework SPA ke dalam bentuk MPA. Misalnya Next.js dan Gatsby.js yang mengadopsi React.js sehingga dapat digunakan sebagai multiple page application, dan masih banyak lagi contoh framework lainnya.

Itulah sedikit ulasan tentang Single Page Application, dengan begitu kita bisa menentukan apakah teknik SPA cocok dengan aplikasi yang akan kita kembangkan.

[wkid/picture:undraw.co]


ARTIKEL TERKAIT