Knowledge Management System

Tentang Artikel :

Knowledge Management System (KMS) merupakan best practise sistem untuk mengelola  semua  pengetahuan  perusahaan  baik  yang  bersumber  dari  ketentuan regulator maupun intern perusahaan

WAKOOL.ID - Knowledge Management System (KMS) merupakan best practise sistem untuk mengelola  semua  pengetahuan  perusahaan  baik  yang  bersumber  dari  ketentuan regulator maupun intern perusahaan serta tacit knowledge semua pegawai. KMS merupakan strategi untuk mengelola penegtahuan secara terstruktur dan efektif dalam menyimpan, mencari, dan berbagi pengetahuan untuk seluruh pegawai Bank.

Perbankan merupakan perusahaan yang ketat dengan ketentuan regulator dan ketentuan  internal, untuk itu seluruh ketentuan regulator dan internal serta pengetahuan SDM sebagai aset penting perusahaan  harus dikelola secara efektif agar memberikan nilai tambah bagi perusahaan. 

Benefit

Implementasi aplikasi Knowledge Management System akan memberikan benefit bagi Bank, diantaranya:

  1. Mempercepat arus  informasi di  internal  perusahaan  /  proses  edukasi ke karyawan menjadi lebih mudah.
  2. Efisiensi biaya peningkatan kualitas dan knowledge SDM
  3. Menghindari hilangnya key person perusahaan yang menyebabkan hilangnya knowledge perusahaan.
  4. Membantu perusahaan dalam hal knowledge retention
  5. Mengurangi waktu pelatihan dan biaya in-class training
  6. Membantu penanganan  masalah  lebih  cepat,  berdampak  pada  customer satisfaction.
  7. Memberikan informasi yang akurat untuk analisis dan mengambil keputusan manajemen
  8. Merangsang tumbuhnya ide dari setiap karyawan pada bisnis perusahaan. 

Penjelasan Modul

Modul-modul utama pada aplikasi Knowledge Management System dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Ketentuan Regulator Merupakan modul yang dirancang untuk mengelola data ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan oleh Regulator.
  2. BPP dan SOP Perusahaan Merupakan modul untuk mengelola data semua dokumen BPP dan SOP Internal Perusahaan/Bank
  3. Taksonomi Knowledge Perbankan Merupakan modul yang dapat memiliki fitur untuk mengelola semua pengetahuan yang terkait dengan aktivitas bisnis bank selain regulasi antara lain pengetahuan manajemen risiko, audit, IT, kredit, trisuri, perbankan syariah, SDM, logistik, dan lainnya
  4. Ask The Expert Merupakan modul yang diperuntukkan untuk mengelola seluruh permasalahan atau pertanyaan yang dihadapi oleh pegawai untuk disampaikan kepada pakar terkait untuk pemecahan masalahnya.
  5. Kolaborasi Merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk mengelola komunikasi/forum atar user aplikasi
  6. Manajemen Dokumen Merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk mengelola semua jenis dokumen yang di-share dalam aplikasi
  7. Notifikasi Merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk memberikan notifikasi/pemberitahuan kepada user untuk melakukan tugas sesuai dengan otoritasnya.
  8. Searching Merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk mempermudah proses pencarian data dan dokumen.
  9. Filtering Merupakan fitur atau fungsi yang dibutuhkan untuk melakukan filtering data sesuai dengan kriteria tertentu
  10. Laporan Merupakan modul untuk  mengelola  laporan  menyeluruh  dari  seluruh data kegiatan rapat
  11. Executive View Merupakan modul yang diperuntukkan bagi pihak manajemen untuk melihat informasi secara grafik terhadap ketentuan dan knowledge yang dishare dalam aplikasi termasuk tingkat keaktifan pengguna aplikasi dalam memanfaatkan KMS.
  12. User & Role Management Merupakan modul untuk mengelola pengguna (user) Aplikasi Knowledge Management System dan hak aksesnya terhadap fungsi/modul
  13. Administrasi Data Merupakan modul untuk mengelola data master yang diperlukan dalam penggunaan Aplikasi Knowledge Management System, dimana setiap data-data yang terlibat di dalamnya dapat dimodifikasi sesuai keperluan antara lain jenis ketentuan, jenis regulator, jenis taksonomi, struktur organisas dan lainnya.

 

[wkid]